Warta Dapodik Rambu - Rambu Penilaian Dalam Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi SMA/MA Tahun 2015
3 minute read
Salam Dapodik News. Pemilihan Kepala SMA Berprestasi merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2015. Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap, dimulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga Nasional. Pemilihan Kepala SMA Berprestasi tingkat nasional merupakan puncak aktivitas yang direncanakan pada bulan Agustus 2015.
Adapun Rambu-Rambu Penilaian dalam Pemilihan kepala sekolah SMA/MA Berprestasi 2015 ialah sebagai berikut:
Kompensi : Kepribadian
Indikator
- Memiliki integritas kepribadian pemimpin.
- Memiliki impian yang berpengaruh dalam pengembangan diri sebagai gurdan guru dengan peran tambahansebagai kepala sekolah.
- Bersikap terbuka dalam melakukan peran pokok dan fungsi.
- Mengendalikan diri dalam menghadapi persoalan dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah.
- Memiliki bakat dan minat sebagai pemimpin pendidikan.
Kompetensi Manajerial
Indikator
- Menyusun perencanaan sekolah.
- Mengembang kan organisasisekolah sesuai dengankebutuhan.
- Memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah secara optimal.
- Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajaran yang efekti binaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
- Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
- Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya insan secara optimal.
- Mengelola sarana dan prasarana sekolah dalam rangka pendayagunaan secara optimal.
- Mengelola kekerabatan sekolah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukunga ide, sumber belajar,dan pembiayaan sekolah.
- Mengelola kesiswaan dalam rangka penerimaan peserta didik baru, penempatan peserta didik, dan pengembangan kapasitas peserta didik.
- Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.
- Mengelola keuangan sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien.
- Mengelola ketatausahaansekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
- Mengelola unit layanan khusus sekolah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan kesiswaan di sekolah.
- Mengelola sistem isu sekolah dalam mendukung penyusunan aktivitas dan pengambilankeputusan.
- Memanfaatkan kemajuan teknologi isu bagi peningkatan pembelajaran dan administrasi sekolah.
- Melakukan moni-toring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pro-gram kegiatan sekolah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindaklanjutnya
Kompetensi Supervisi
Indikator
- Merencanakan aktivitas supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
- Melaksanakan supervisi akademik terhadap gurudengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yangtepat.
- Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap gurudalam rangka peningkatan profesionalis me guru.
Indikator
- Bekerja sama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah.
- Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakat an.
- Memiliki kepekaan sosial terhadaporang atau kelompok lain.
Kompetensi Kewirausahaan
Indikator
- Menerapkan nilai-nilai kewirausahaandalam menciptakaninovasi yang berkhasiat bagipengembangan sekolah.
- Mengelola kegiatan produksi/jasa sebagai sumber mencar ilmu peserta didik.
Kompetensi Nilai Tambah
- Meningkatkan citra dan profesionalisme.
- Meningkatkan daya saing secara global.
- Menanamkan nilai-nilai nasionalisme.
.bmp)
.bmp)
.bmp)
.bmp)
.bmp)
.bmp)
.bmp)
.bmp)
.bmp)
.bmp)
.bmp)
.bmp)
.bmp)
.bmp)
.bmp)
.bmp)
.bmp)
.bmp)
.bmp)
.bmp)
Baca Juga : Ini beliau Persyaratan Yang Harus Di Miliki Kepala sekolah SMA/MA Dalam Pemilihan Kepala Sekolah SMA/MA Berprestasi Tahun 2015Sekian dan Terima Kasih agar Bermanfaat!!!