Warta Dapodik Unduh Silabus IPA Kelas VII, VIII & IX Kurikulum 2013 Edisi Terbaru 2017
Oktober 14, 2017
Salam Dapodik News.
Ilmu Pengetahuan Alam atau sains ialah upaya sistematis untuk menciptakan, membangun, dan mengorganisasikan pengetahuan wacana gejala alam. Upaya ini berawal dari sifat dasar insan yang penuh dengan rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu ini kemudian ditindaklanjuti dengan penyelidikan dalam rangka mencari penjelasan yang paling sederhana namun akurat dan konsisten untuk menjelaskan dan memprediksi gejala-gejala alam.
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dibelajarkan semenjak SD/MI sampai SMA/MA. Pada jenjang SD/MI Kelas I, II, dan III (kelas rendah) muatan sains diintegrasikan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan di Kelas IV, V, dan VI (kelas tinggi) Ilmu Pengetahuan Alam menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri tetapi pembelajarannya menerapkan pembelajaran tematik terpadu. Mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam di SMP/MTs menerapkan pembelajaran sains terpadu. Di tingkat SMA/MA Ilmu Pengetahuan Alam disajikan sebagai mata pelajaran yang spesifik yang terbagi dalam mata pelajaran Fisika, Kimia, dan Biologi.
Kurikulum 2013 berbagi dua proses pembelajaran yaitu proses pembelajaran pribadi dan proses pembelajaran tidak langsung. Proses pembelajaran pribadi ialah proses pembelajaran yang berbagi pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotorik siswa melalui interaksi pribadi dengan sumber berguru yang dirancang dalam silabus dan RPP berupa pembelajaran berbasis aktivitas. Karakteristik pembelajaran berbasis acara meliputi:
- Interaktif dan inspiratif;
- Menyenangkan, menantang, dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif.
- Kontekstual dan kolaboratif.
- Memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian siswa.
- Sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.
Kerangka pengembangan Kompetensi Dasar (KD) Ilmu Alam mengacu pada Kompetensi Inti (KI) sebagai unsur pengorganisasi KD secara vertikal dan horizontal. Organisasi vertikal KD berupa keterkaitan KD antar-kelas harus memenuhi prinsip belajar, yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antar-kompetensi. Organisasi horizontal berupa keterkaitan antara KD suatu mata pelajaran dengan KD mata pelajaran lain dalam tingkat kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat dan memperkaya. Semua kompetensi dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai KI
Perumusan Kompetensi Dasar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada SMP/ MTs, selain menggunakan Kompetensi IPA secara umum, juga menggunakan pertimbangan kompetensi yang dapat dicapai siswa setelah berguru Ilmu Pangetahuan Alam. Kompetensi tersebut adalah:
- Menjalani kehidupan dengan sikap positif, jujur dan terbuka; dengan daya pikir kritis, kreatif, dan inovatif; serta berkolaborasi, berdasarkan hakekat ilmu alam
- Memahami fenomena alam di sekitarnya, berdasarkan hasil pembelajaran ilmu alam secara terpadu melalui bidang-bidang spesifiknya yaitu Fisika, Kimia dan Biologi
- Mengevaluasi produk pemikiran yang ada di tengah masyarakat berdasarkan prinsip-prinsip ilmu alam dan etika
- Menyelesaikan problem dan mengambil keputusan dalam kehidupan berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah dan etika
- Mengenali dan berperan dalam upaya memecahkan permasalahan umat manusia, ibarat permasalahan ketersediaan pangan, kesehatan, krisis energi, dan lingkungan hidup .
- Memahami dampak dari perkembangan ilmu alam secara terpadu terhadap perkembangan teknologi dan kehidupan insan di masa lalu, masa kini maupun potensi dampaknya di masa depan bagi dirinya, orang lain, dan lingkungannya.
Silabus merupakan pola penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap materi kajian mata pelajaran, Silabus digunakan sebagai pola dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.
Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan biar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa
Silabus mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP/MTs ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan menunjukkan kesempatan kepada guru untuk berbagi dan melakukan pembelajaran dengan mengakomodasi kearifan lokal.
Komponen silabus mencakup Kompetensi Dasar, Materi pembelajaran dan Contoh Kegiatan pembelajaran
Bagi sahabat guru yang belum memiliki silabus mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII, VIII & IX edisi terbaru edisi 29 - 01- 2017 kurikulum 2013 berikut ini kami sajikan untuk anda, silahkan sahabat unduh pada link yang tersedia dibawah ini